Doa Akhir Zaman, “Ya Allah Lindungilah Aku Daripada Fitnah Masih Al-Dajal Yang Mudah Mempengaruhi Umat Manusia”

Dajal merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang diprediksikan Nabi akan muncul di akhir zaman. Dajal akan membawa pengaruh buruk terhadap manusia. Ulama berbeda pendapat mengenai sosok Dajal, apakah ia makhluk fiktif yang menyimbolkan akan sebuah kejahatan atau memang nanti benar-benar ada pada akhir zaman.

Terlepas dari perbedaan itu, Nabi menganjurkan umatnya untuk membaca doa agar terselematkan dari fitnah dan bujukan menyesatkan Dajal. Terkait doa tersebut, Imam Muslim dalam kitab sahihnya menyebutkan riwayat Abu Hurairah yang mendengar Rasulullah saw. bersabda:

إذا فرغ أحدكم من التشهد ‏الآخر فليتعوذ بالله من أربع من عذاب جهنم، ومن عذاب ‏القبر ومن فتنة المحيا والممات، ومن شر المسيح الدجال” رواه مسلم

Jika kalian selesai melakukan tasyahud akhir, berlindunglah pada Allah dari empat hal, azab neraka Jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan Dajal yang terhapus dari rahmat Allah.

Dari hadis ini, ulama berpendapat bahwa membaca doa tersebut disunahkan setelah selesai membaca taysahud akhir pada setiap salat dan sebelum salam. Adapun doanya adalah sebagaimana berikut.

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

Allohumma inni a’udzu bika mina ‘adzabil qabri wa min ‘adzabin nari wa min fitnatil mahya wal mamati wa min fitnatil masihid dajjal. 

Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari azab kubur, azab neraka, cobaan hidup dan mati, dan fitnah Dajal yang terhapus dari rahmat Allah.

(Visited 58 times, 1 visits today)